Senin, 20 Mei 2013

Kecerdasan Musik atau Musical Intelligence

Kecerdasan Musik

Onmenit - Kecerdasan musik dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengenali, menciptakan, memanfaatkan, dan mengapresiasi musik, nada, irama dan suara.


Musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita dengan cara menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan Anda. Bahkan musik dapat mempengaruhi mood atau perasaan orang yang mendengarkannya.


Dalam sejarah kehidupan manusia, musik telah menjadi sarana untuk mewariskan ilmu pengetahuan dari generasi ke generasi selanjutnya. Sebelum ada buku untuk menyimpan informasi, orang zaman dahulu harus menyimpan semuanya dalam benak mereka. Orang-orang ini ibarat perpustakaan berjalan. Dan untuk membantu mengingatnya, mereka menggunakan musik atau irama. Mereka menyenandungnkan lagu-lagu kepahlawanan atau nyanyian ritual kesukuan. Musik dan irama sangat membantu daya ingat kita. Contohnya Anda tahu bagaimana anak TK belajar mengingat nama-nama hari dalam one minggu? Betul, dinyanyikan.

Lalu apa karir atau pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan musik ini? Tentu saja sebagai penyanyi, musisi, komposer, DJ, produser musik, pelatih vokal, dsb. Sedangkan tokoh-tokohnya tentu banyak sekali, seperti: Chrisye, Titiek Puspa,Ariel(Noah), David Foster, Simon Cowell, Lionel Richie, Michael Jackson (sekaligus dominan Kecerdasan Fisik), dan sebagainya.

Tips-tips untuk meningkatkan kecerdasan musik ini dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:

Pelajari dan pilihlah musik-musik yang sesuai dengan pekerjaan, situasi, kondisi mental yang Anda butuhkan, misalnya saat Anda butuh untuk Konsentrasi, atau ingin relaksasi yang mendalam, bersemangat, berdiskusi, dan sebagainya.Belajarlah alat musik tertentu sampai Anda benar-benar menguasainya.Sekali-kali tontonlah pagelaran musik dan sedapat mungkin berikan pendapat atau apresiasi.Dengarkan berbagai macam aliran musik dari berbagai daerah.Bergabunglah dalam vokal grup atau band di organisasi atau lingkungan Anda.Lagukanlah barang-barang belanjaan Anda untuk mengingatnya.

Ciri-ciri orang yang mempunyai kecerdasan musik yang menonjol yaitu:

  1. Suka mendengerkan musik kapan saja dan di mana saja
  2. Dia suka mengoleksi CD atau kaset musik
  3. Dia juga suka bersenandung lagu di mana saja dan kapan saja, atau
  4. Dia bahkan bisa memainkan satu atau beberapa alat musik
  5. Dia bisa dengan mudah membedakan bunyi berbagai alat musik dalam suatu lagu
  6. Dia suka menonton konser musik atau film musikal
  7. Dia mengidolakan pemain musik atau penyanyi, dsb
Nah, sebenarnya mudah bukan untuk meningkatkan kecerdasan musik Anda atau anak anda?
Diposting oleh Unknown
onmenit Updated at: Senin, Mei 20, 2013

0 komentar:

Posting Komentar